Jumat, 17 Juni 2016

FUNGSI-FUNGSI KOMUNIKASI ISLAM



Fungsi komunikasi Islam di bagi menjadi tujuh fungsi. Yakni fungsi informasi, fungsi meyakinkan, fungsi mengingatkan, fungsi memotivasi, fungsi sosial, fungsi bimbingan, fungsi kepuasan spiritual, dan fungsi hiburan.
 
A.    FUNGSI-FUNGSI KOMUNIKASI
1.      Fungsi Informasi
            Informasi adalah kehidupan, karena sejak lahir seluruh perangkat untuk menyerap informasi seperti mata, telinga, dan hati sebagai perangkat utama kehidupan sudah terpasang dan siap difungsikan. Di antara ayat yang menyatakan hal ini ialah firman Allah:

الَّذِيأَحْسَنَكُلَّشَيْءٍخَلَقَهُوَبَدَأَخَلْقَالإنْسَانِمِنْطِينٍثُمَّجَعَلَنَسْلَهُمِنْسُلالَةٍمِنْمَاءٍمَهِينٍثُمَّسَوَّاهُوَنَفَخَفِيهِمِنْرُوحِهِوَجَعَلَلَكُمُالسَّمْعَوَالأبْصَارَوَالأفْئِدَةَقَلِيلامَاتَشْكُرُون
“Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari sari pati air yang hina (air mani). Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh)nya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. (QS. As -Sajdah: 7-9)

            Ketika komunikasi terjadi, maka tukar-menukar informasi tidak bisa di hindarkan. Informasi adalah kunci utama terjadinya perubahan sikap dan perilaku pada manusia.

2.      Fungsi Meyakinkan
            Fungsi meyakinkan artinya membuat ide, pendapat, dan gagasan yang kita miliki bisa diterima oleh orang lain dengan senang hati dan tidak terpaksa. Bahkan bukan sekedar menerima dengan sukarela, mereka yang merasa mantap dengan penjelasan tersebut bisa menjadi pendukung ide itu.Fungsi meyakinkan dalam komunikasi Islam bisa di capai di antaranya dengan metode hiwar dan jidal. Hiwar(dialog) dilakukan dengan suasana santai. Adapun jidal (debat) biasanya lebih seru, kadang-kadang ngotot dengan pendapatnya.

3.      Fungsi Mengingatkan
            Lupa adalah sifat yang tidak bisa berpisah dari manusia. Sifat ini sudah ada sejak adanya bapak manusia pertama, Adam as. Lupa di definisikan sebagai ketidakmampuan mengingat kembali suatu tema yang diperlukan pada saat yang di inginkan. Dakwah agama adalah salah satu cara untuk menginformasikan kepada manusia agar selalu ingat tentang tujuan hidup dan bagaimana mengisi hidup sebenarnya.

4.      Fungsi Memotivasi
            Manusia dalam hidupnya memerlukan chargekarena semangat hidup manusia secara umum tidak stabil. Charge itu disebut dengan motivasi. Mengucapkan secara berulang setiap pagi dan petang hal-hal yang hendak kita hindari atau hal-hal yang seharusnya kita lakukan yang membuat penyakit-penyakit mental terbelenggu dan menumbuhkan nilai-nilai positif sehingga dia bisa terbang bebas merealisasikan mimpi-mimpi indahnya.Metode memotivasi siri sendiri adalah metode yang paling ideal. Selain metode memotivasi diri sendiri, manusia juga bisa termotivasi jika mendapatkan suntikan motivasi dari orang lain.

5.      Fungsi Sosialisasi
            Manusia dalam hidupnya tidak lepas dari berbagai macam kebutuhan. Banyak teori yang menjelaskan tentang teori kebutuhan, dan di antara yang paling terkenal adalah teori Maslow. Dalam bukunya MotivationandPersonality, Maslow menjelaskan lima jenjang kebutuhan pokok manusia sebagai berikut:
a.       Kebutuhan fisiologi dasar (physiologicalneeds)
b.      Kebutuhan rasa aman (safetyneeds)
c.       Kebutuhan sosial untuk dicintai dan disayangi (socialneeds)
d.      Kebutuhan akan penghargaan/prestise (esteenneeds)
e.       Kebutuhan aktualisasi diri (self-actualization)
            Apa pun komentar orang tentang teori ini, yang jelas, bersosialisasi dengan orang disekitar kita adalah kebutuhan kita semua untuk bisa di terima dan di hargai. Tidak mungkin sosialisasi dilakukan tanpa komunikasi. Hubungan antarmanusia menjadi tersambung. Ta’aruf yang baik akan melahirkan keinginan untuk saling membantu bahkan sampai ke tingkat saling mengayomi.

6.      Fungsi Bimbingan
            Di antara fungsi komunikasi adalah untuk membimbing manusia. Tidak semua kita mampu membaca kemampuan kita sendiri, dan tidak semua kita mampu menyelesaikan masalah kita sendiri, padahal hidup tidak pernah sepi dari masalah. Di sinilah fungsi manusia memerlukan orang lain untuk membimbingnya mencari solusi atau menghantarkannya ke tempat yang tepat. Bimbingan bisa di lakukan dengan melakukan percakapan pribadi, dialog langsung, dan tatap muka dengan orang yang di bimbing. Bisa dengan melakukan homevisit untuk mengetahui kondisi rumah dan lingkungan yang memengaruhinya, atau berkunjung ke tempat kerjanya dan melakukan percakapan individual sekaligus mengamati kerja klien di lingkungannya.

7.      Fungsi Kepuasa Spiritual
            Manusia terbentuk dari dua unsur yang keduanya memiliki kebutuhan yang harus di penuhi. Tubuh memerlukan sandang, pangan, papan dan segala hal yang mendukung keselamatannya. Adapun kebutuhan roh adalah berkomunikasi dengan Allah. Ketika roh bersambung dengan Sang Penciptanya, hati menjadi tenang. Ketenteraman hati tidak akan di temukan pada cara yang lain selain zikir, tentunya zikir dalam arti luas.

8.      Fungsi Hiburan
            Ketika mendapatkan kebahagiaan, Islam mengajarkan kepada penganutnya agar mengucapkan syukur atas nikmat yang telah didapat. Dan kepada saudaranya yang mengetahui temannya mendapatkan nikmat dianjurkan untuk menambah rasa bahagia saudaranya dengan mengucapkan selamat kepadanya.Kata bisa membuat orang menjadi tenteram, meskipun tidak jarang kata itu melukai. Memasukkan kebahagiaan hati orang lain di dalam hadis disebut dengan idkhakal-surur.

Referensi
Dr. Harjani Hefni, Lc., M.A.2015. Komunikasi Islam. Prenadamedia Group:Jakarta

1 komentar:

  1. SEGA Genesis, ROM download free - Videodl.cc
    SEGA Genesis, ROM download free. youtube to mp3 320kbps Try this game for free in your browser. No sign-up or install needed.$9.49 · ‎In stock

    BalasHapus